Sign by Danasoft - For Backgrounds and Layouts

Label:

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menegaskan, kesempatan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi siswa dari keluarga kurang mampu semakin besar.
"Hal itu karena daya tampung PTN meningkat," katanya seusai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2011 di Kemdiknas, Senin (2/05).
Menurutnya, mulai tahun ini PTN berkewajiban menerima 20% dari total mahasiswa yang diterima, dari keluarga tidak mampu. Dengan naiknya kuota itu, kesempatan untuk masuk ke PTN dari keluarga yang tidak mampu semakin besar. "Naiknya daya tampung membuat akses bagi siswa kurang mampu semakin terbuka," ujarnya.

Seperti diketahui, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 jalur Ujian Tertulis dibuka mulai 2 Mei. Sementara menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso, daya tampung SNMPTN 2011 sebanyak 108.535. Jumlah tersebut ditampung oleh 60 PTN di seluruh Indonesia.
"Angka tersebut naik dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 82.000. Kenaikan daya tampung disebabkan berdirinya universitas negeri baru, pembukaan program studi baru, dan adanya kuota 60% penerimaan mahasiswa baru harus lewat SNMPTN," jelasnya.
Dia menambahkan, daya tampung jalur undangan yang segera diumumkan pada 18 Mei sebanyak 53.790. Sementara total pendaftar melalui jalur tersebut adalah 233.000 orang.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.